”Dengan Perjusa Mari Kita Tingkatkan Jiwa Kemandirian, Ketrampilan dan Akhlak Mulia”

Perjusa atau yang lazim disebut Perkemahan Jum’at Sabtu atau Pelantikan Ambalan merupakan salah satu program kerja dari Gudep Mandala Surya Brata dan Sekar Arum Pamukti Pangkalan SMK Negeri 2 Tegal. Perjusa di laksanakan selama 2 hari 1 malam tepatnya pada hari Jum’at dan Sabtu tanggal 13 dan 14 Oktober 2023. Kegiatan tersebut adalah wajib diikuti bagi kelas X sejumlah 394 Siswa, dengan didampingi oleh Laksana dan Bantara sejumlah 80 Siswa, serta didampingi oleh Dewan Guru dari unsur Kesiswaan sejumlah 10 Pendamping. Selain sebagai kegiatan rutin setiap tahun, Perjusa berupaya untuk mengembangkan semangat kepemimpinan, kebersamaan, dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi momen berharga bagi para peserta dalam mengasah potensi diri dan mempererat tali persaudaraan.

Dengan semangat pramuka yang kental, peserta dari seluruh kelas X di SMK Negeri 2 Tegal berkumpul untuk mengikuti rangkaian kegiatan seru dan mendidik. Perjusa kali ini diisi dengan berbagai macam aktivitas yang merangsang kreativitas, kerjasama tim, serta rasa tanggung jawab. Melalui berbagai tantangan dan kegiatan lapangan, peserta diajak untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan jiwa kepahlawanan. Tidak hanya kegiatan serius, Perjusa juga menyajikan momen hiburan dan rekreasi. Malam hari diisi dengan sholat Maghrib dan Isya berjamaah, makan malam bersama dilanjut dengan perjalanan di luar sekolah yaitu perjalanan menuju Pemakaman dikandung maksud untuk melatih mental para peserta, selain itu juga untuk menciptakan suasana keakraban dan kehangatan di antara peserta. Momen seperti ini sangat berharga dalam membentuk hubungan sosial yang lebih dalam dan mendorong terciptanya atmosfer positif di antara anggota pramuka. Perjusa bukan hanya sekadar perkemahan biasa, tetapi juga merupakan platform untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan mempererat rasa persaudaraan. Kami berharap melalui acara ini, peserta dapat belajar banyak hal yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Kepala SMK Negeri 2 Tegal Bapak Mas Rudianto, S.Pd.

Sebelum acara penutupan diadakan senam bersama, sarapan pagi, tukar kado dan pengumuman lomba antar peserta. Dalam penutupan Perjusa, Ka. Gudep Putra Bapak Hadi Wurjanto, S.Pd menuturkan bahwa Peserta membawa pulang tidak hanya pengalaman berharga, tetapi juga kenangan dan pelajaran berharga yang akan membekas sepanjang hayat. Dengan suksesnya Perjusa kali ini, diharapkan semakin banyak generasi muda yang terinspirasi untuk bergabung dalam Gerakan Pramuka dan mengambil manfaat dari berbagai kegiatan yang ditawarkan. Kita berharap semangat kebersamaan, kepemimpinan, dan kemanusiaan yang terjalin dalam Perjusa ini akan terus berkembang dan berdampak positif dalam masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *