GAMBARAN UMUM

Business Center adalah kegiatan usaha sekolah di SMK bisnis dan manajemen dimana siswa secara langsung melakukan kegiatan perdagangan/retail. Keuntungan yang didapatkan dapat menambah sumber pendapatan sekolah untuk keberlangsungan kegiatan pendidikan (Direktorat PSMK, 2008:55; Moerwishmadhi: 2009). Business Center merupakan salah satu unit produksi yang dimiliki sekolah yang dapat dijadikan sebagai laboratorium kewirausahaan. Business Center digunakan sebagai tempat bagi siswa mempaktekan teori kewirausahaan yang diperoleh dalam pembelajaran di kelas. Salah satu tujuan Pendirian Business Center di sekolah yaitu menumbuhkan sikap dan perilaku kewirausahaan siswa di lingkungan sekolah yang pada akhirnya siswa juga menerapkan jiwa kewirausahaannya di masyarakat.

SMK Negeri 2 Tegal merupakan sekolah yang berbasis kejuruan oleh karena itu dalam masa pembelajarannya juga ditekankan penumbuhan sifat kewirausahaan melalui pembelajaran teori di kelas dan juga praktek di dunia nyata. Langkah yang diambil SMK Negeri 2 Tegal untuk menumbuhkan sifat kewirausahaan adalah dengan cara siswa melakukan praktek kewirausaan yaitu melakukan penjualan ritel yang produknya di ambil dari Business Center TOSERNA SMEAGOR

MOTTO JUANG

BERBIDA ( BELAJAR BISNIS DARI MUDA)
Memiliki makna “program Business Center Toserna Smeagor Berusaha menumbuhkan jiwa Bisnis sejak usia Muda yaitu sejak menempuh pembelajaran di sekolah menengah kejuruan”.

VISI

Memujudkan lulusan yang berkarakter unggul, kompetitif, berwawasan global dan berjiwa enterpreneur yang tangguh.

MISI

  1. Menyediakan produk kebutuhan sehari hari dan produk fashion untuk praktek siswa baik melalui Offline maupun Online dengan harga terjangkau;
  2. Meningkatkan partisipasi siswa Bisnis Daring dan Pemasaran untuk melakukan penjualan  ritel melalui Offline maupun Online
  3. Meningkatkan partisipasi siswa Bisnis Daring dan Pemasaran untuk praktek menjaga BC  Toserna Smeagor

 

STRUKTUR ORGANISASI DAN TUGAS KERJA BUSINESS CENTER SMK NEGERI 2 TEGAL